Wednesday, October 29, 2008

lesson #41: Get the right tone...

i love music...

but hey, that ain't my purpose of life..
i'm supposed to enjoy music n love people...

gw suka banget ama musik... mungkin kebanyakan... dan selera musik gw gonta-ganti tergantung usia.. perubahan selera musik gw dari waktu gw secondary school di Singapur secara kasar kayak gini:
(sec3-sec4) klasik -> pop -> disco/dance/techno -> acappella ->
(jc1-jc2) rock -> rap -> instrumental ->
(uni) rock -> heavy metal -> hiphop
(dan di sela2nya gw dengerin lagu Kristen terus..biasanya yg rada rock..)

intinya: gw suka musik.

positifnya: bisa jadi pelampiasan emosi
negatifnya: bisa amplify emosi
tapi gw ga mo bahas itu dulu (mungkin laen kali aja..)

masalahnya: kadang gw memperlakukan musik lebi penting daripada orang...

mm...buat gw, musik itu bisa jadi seperti temen yg ngerti emosi dan perasaan gw.. kenapa? karna gw bisa nyesuaiin apa yg gw denger di telinga gw (pake earphone laah..) dengan keadaan emosi gw... pasti lo semua juga ngerti apa maksud gw lah.. (BT=heavy metal, seneng=rock, energetik=hiphop, dll).. nah, karna itu, gw sering pake mp3 player dan earphone kemana-mana...

belon puas ama musik di telinga (yg langsung masuk kepala), gw sempet kepengen beli earphone yg noise-cancelling... alasan gw ga beli waktu itu adalah karna gw takut gw ga bisa denger klo ada orang yg teriak2 ngasi peringatan (contoh: klo2 gw uda mo ketabrak mobil ato ketimpa piano)... sekarang, ada alasan baru: supaya masi bisa denger klo dipanggil orang...

walau sebenernya denger lagu pake earphone itu asik (apalagi bisa sambil goyang2 dikit dan berharap ga ada yg liat..), sayangnya, mungkin menutup telinga juga adalah cara gw menutup diri dari dunia luar...

waktu gw liat kiri-kanan(mastiin ga ada temen yg perlu diajak ngobrol), ngeluarin Samsung K3 gw dari kantong celana, masang earphone di dua telinga, dan nyalain playernya, kadang gw berharap gw ga harus ngelepasin sumber musik itu dari telinga gw ampe gw nyampe kamar ato LT... dan disitulah gw jadi antisosial (secara mental) dan apati...

walaupun gw berusaha buat tetep merhatiin jalan, liat2 temen, dll, kenyataan bahwa gw tetep naro sesuatu di kuping gw yg narik lebi banyak perhatian dibanding ama hal2 laen berarti gw ga tulus2 amat.. dan gimanapun gw mencoba peduli ama sekitar gw, sepertinya kemampuan gw buat ngedeteksi sekeliling gw turun drastis klo lagi dengerin musik...

buktinya, uda beberapa kali dlm beberapa bulan ini, gw ga denger waktu temen manggil (maaap, buat yg bersangkutan..) .. trus, tadi lagi jalan cepet di North Spine ke arah South Spine, eh, ada yg sekilas nepok tangan gw... saking cepetnya gw jalan (dia juga), gw harus balik badan buat liat siapa yg tadi nepok... ternyata profesor gw... dan bodohnya, gw cuman sempet bilang "Eh..." sambil senyum (untung bukan cewe idaman gw)... jujur aja, gw sempet stunned gara2 baru disapa ama profesor yg ngajar gw 2 semester lalu dan cuman bales "Eh..."

gw sering bermimpi buat jadi seseorang yg peduli ama orang laen, ama sekitar, dan jadi anak kuliahan yg supel... sayangnya, gw ga bisa jadi itu sepenuhnya klo semua waktu gw diluar lecture, tidur, dan mandi disumbat pake earphone...

mungkin gw bakal tetep pengen dengerin musik (dan ng-earphone), tapi mungkin ada baeknya gw perbaikin mentalitas gw yg sedikit egois dan apatis... klo gw bener2 pengen peduli ama orang laen, waspada dgn lingkungan gw, dan menghargai temen2 gw (apalagi yg lagi manggil2..), mungkin ada baeknya klo gw ngurangin penyumbatan telinga gw...

dan klo itu susah, moga2 gw diingetin terus bahwa orang lebi penting daripada musik...

Get the right tone: Enjoy music. Love people.

4 comments:

Anonymous said...

mmm gimana ya.. aku orang musik juga benernya, udah 15 taun aku di dunia ini.. btw.. aku punya prinsip: musik kan buatan orang.. masa orang mau kalah seh ama musik.. harusnya gue yang ngatur musik... bukannya musik yg ngatur-ngatur aku.. ya nggak ?

Yudhistira said...

tp itu gunanya ir-pon... buat jadiin 'musik' lebih 'musik'... Klo pake speaker, biasanya gak gitu kerasa 'dum dum dum'nya... ha...ha...

Anonymous said...

klo mo bass yg bumbum,irpon kan juga bisa dipake pas dikamar kan yah?...

bisa aja si pake irpon, tapi mungkin harus ningkatin sensor/detektor perhatian, supaya ga keliatan nyolot ato antisosial..

Anonymous said...

betul!! musik harus diatur ama orang... klo gw si masi rada lemah..jadi kadang masi pengen menikmati musik dan ngelupain orang.. (apalagi orang ga bisa di-pause,play,rewind,forward, dan di-OFF)