Friday, December 19, 2008

lesson #45: Gentle words can make a difference...

liburan uda mulai sejak kapan2... dan temen2 indo uda pada balik indo dari kapan2... buat kita2 yg masi di Singapur (baik terpaksa ato ngga), kita mencoba ngabisin waktu sebaik-baiknya dgn mempererat persahabatan... satu2nya lewat maen2 ke kamar salah satu dari kita dan maen Risk sambil minum campuran gin & jus...

kita ketawa2 (terbahak-bahak) dan cerita2 sambil maen... untungnya, kita ga mabok (lemes doank..walau tetep ribut..).. saking serunya, kita ampe lupa jam uda menunjukkan pukul 0130pagi.. dan sayangnya, kita kaga inget bahwa masi ada orang2 yg juga tinggal dalam hall - dan ga idup jem2 ga sehat gitu...

masuk akal namun ga diantisipasi, si satpam malem akhirnya dateng dan ngetok pintu kamar temen gw (ada 7 orang di dalem)... Aaargh.. terakhir kali ada satpam yg komplain tentang suara ribut di lounge, gw kesel banget ampe gw ngebayangin tuh satpam pengen gw terkam gw tampol ampe babak belur...

tapi malem itu beda...

satpamnya kaga marah.. kaga teriak.. dia juga kaga pasang tampang nyolot/senga/pengen-ditampol... malahan, dia sempet senyum.. and minta baek2 supaya kita ngecilin suara kita yg super keras (maklum, kekuatan suara anak Indo..).. ternyata, dgn volume segitu, kita uda cukup bikin ribut ampe ada warga hall yg komplain ama tuh satpam... (kasian juga dia..)

dia minta bantuan kita buat nurunin volume... supaya dia ga kena masalah lagi...

dan dibanding ama kasus gw sebelumnya, kali ini gw lebi hormat ama satpam yg ini (satpam yg waktu itu beda orang..)... gw respect dia soalnya dia punya kesabaran & pengertian sewaktu ngadapin anak2 (ato orang dewasa?..) pemberontak & kaga-mo-dikasitau kayak kita ini...termasuk gw...

akhirnya, kita bilang trima kasih ama satpam itu karna uda ngasi tau kita seberapa ribut kita... dan dia trus ninggalin kita... dan menariknya, gw jadi semangat buat ngingetin kita ndiri supaya kaga ribut lagi.. mungkin karna rasa hormat gw ama dia...

walaupun gw uda lama ngelatih diri gw buat gunain kata2 lembut tiap kali gw berhubungan dgn orang laen (apalagi orang yg belon gw kenal), ini pertama kalinya sejak lama dimana gw ada di sisi penerima... gw jadi orang yg dengerin.. gw jadi target kata2 itu.. dan gw ngerasain impact dari kata2 itu...

walau berhubungan ama beda orang tentunya perlu pendekatan yg beda2 juga, tapi mungkin kita bisa pake kata2 lembut sebagai default settingnya (kecuali dalam keadaan bahaya terhadap nyawa seseorang..).. mungkin kata2 lembut lebi efektif, apalagi buat remaja2 dan pemuda2 - yg seperti gw, kaga suka dikasitau apa yg salah & yg bener ama orang laen...

jadi sapa tau, mungkin dlm banyak hal, mungkin kata2 yg lembut malah bisa lebi efektif daripada muka & nada nyolot kita...

Gentle words can make a difference. It might even make someone calm enough to listen to what you're saying.

4 comments:

Indah Puspita Rani said...

bener2 dan..

gw pribadi.. somehow.. kalo diomongin keras jadi males ngikutin.. tapi kalo dia ngomongnya baik2.. malah jadi malu sendiri..

ajaran buat kkita jugaa.. gak selalu keras itu nyelesain maslah.. ato bahkan mungkin gak pernah nyelesein masalah? ;)

Anonymous said...

hehe...setuju...
apalagi orang2 kyk kita yg biasanya ngerasa kita punya mau sendiri dan ga mo dikontrol...
jadi lebi seneng klo diminta tolong, tapi diberi pilihan,..

Anne Clarissa said...

depeeee....ica nii..hahahah..gw mo komen sih sbenernya, cuma mau ngasi tau aja klo gw juga baru bikin blog HAHAHAHAHAH *promosi terselubung wkwkwk. blog lo juga udah gw link dari blog gw :D yiuk mari dikunjungiiii http://ehsiica.blogspot.com/

anyway, gw udah baca blog lo dari lama bgt and somehow gw juga ngeliat refleksi dari diri gw juga hahahah. nice nice! very good to read :)

Anonymous said...

wow, 1 hal lage yg gw pelajari dr sini, well, krn kyknya dlm hal ini, gw jg ada kesulitan kdg utk mengendalikan emosi..
thx ya.
GBU =)