Tuesday, March 10, 2009

lesson #48: Receiving is a part of giving..

kebanyakan dari kita uda pernah diajarin untuk "memberi".. dan mungkin ampe "memberi dengan ikhlas"..
apa ga boleh? boleh2 aja kok..
dan sebisanya, gw coba supaya bisa memberi selama gw mampu..

tapi.. ada ternyata ada satu hal yg gw lupa..
gw lupa "menerima"..

bertaon-taon, gw coba supaya gw bisa jadi orang yg se-sopan dan se-rendah hati mungkin.. jadi klo orang nawarin apa2 (traktiran lah, permen lah, coklat lah, ato apapun) - kadang mungkin juga bantuan - gw biasanya jawab "Makasi, tapi ga usah ngerepotin.."

pikir gw: "Gw ga mo ngerepotin mereka ah.. ga enak"
alasannya si kayaknya masuk akal.. malah kedengerannya bagus..

tapi gw baru sadar bahwa ternyata itu ga bagus2 amat..

Pertama, di balik alasan itu, sebenernya gw bukannya takut ngerepotin orang.. ini tentang "harga diri" gw... gw ga mo nerima apa2 dari siapa2 supaya gw ga berhutang apapun ke siapapun.. gw ga mo bergantung ama orang laen.. gw mo buktiin bahwa untuk hidup, gw ga butuh bantuan orang laen.. bahwa gw ga butuh siapa2..

ternyata gw bukannya peduli ama orang laen, tapi malah sombong..
abis mikir2 lagi, gw sadar bahwa menerima sesuatu itu adalah tindakan yg secara ga langsung bilang "Gw bersedia ngambil bagian dari pengorbanan seseorang & gw ngebolehin orang itu jadi bagian hidup gw lewat kontribusinya itu.."

jadi.. mungkin menerima itu sebenernya salah satu bentuk kerendahan hati..

Kedua, seringkali, klo ada orang yg uda nawarin suatu bantuan ato apapun itu, orang itu uda pernah mikirin seberapa repotnya hal yg dia kerjain ato seberapa mahal barang yg dia mo kasi.. istilahnya, itu semua uda masuk itungan.. jadi, mungkin seringkali sebenernya alasan "ga mo ngerepotin" itu ga valid.. soalnya si penawar uda selese ngitung2 repot sebelum bikin tawaran itu ke gw..

Ketiga, kadang2, klo kita menolak suatu tawaran, mungkin sebenernya kita ga sengaja nyinggung perasaan orang laen, apalagi klo tawaran itu bener2 sepenuh hati.. mm, mungkin karna penolakan itu bisa ga sengaja bilang bahwa pemberian itu ga layak buat diterima..
contohnya? gimana ya.. gini deh.. misalnya tante gw nawarin gw makan kue buatannya sendiri waktu gw lagi berkunjung ke rumahnya.. ato gw ditawarin makan malem ama keluarga temen gw waktu gw lagi maen ke rumahnya.. dan banyak contoh lagi..

jadi mungkin gw harus bisa lebi cepet baca situasi2 kayak gini..

Keempat, klo gw uda ngelewatin semua alasan di atas, masi ada satu hal lagi:
GIMANA ORANG BISA BELAJAR UNTUK MEMBERI KLO GA ADA YG MAU NERIMA?
hal kecil kayak gini misalnya.. mm, klo ada temen yg nawarin traktir minum ato makan..

di sini, gw harus inget bahwa nerima dari orang laen kadang juga bisa buat ngasi kesempatan orang laen buat belajar memberi.. yah, pastinya gw tetep harus memberi ke orang laen lebi banyak daripada nerima..

nah, jadi walaupun kita harus tetep memberi dgn ikhlas, mungkin kita juga perlu nerima dgn senang hati.. klo kita memberi lebih banyak dan belajar nerima pemberian orang, mungkin dunia ini bisa sedikit lebi indah, kali ya?

Receiving is a part of giving - giving up our pride. How can anyone learn how to give if we aren't humble enough to receive?

3 comments:

Anonymous said...

i like the way u reflect on ur life, even on the most tiny bit of daily things.. i think this is one of ur gifts. =)

Yudhistira said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

sincerely, thank you for your encouragement:)

i do hope that it rubs off on others too:)