Thursday, May 7, 2009

lesson #50: Everyone is different..

sebenernya, 3 taon lalu gw ga akan kebayang bakal nulis kayak gini..

kenapa?
karena.. dulunya gw itu orang yg sombong dan suka ngehakimin orang.. walau gw mungkin ga keliatan banget kayak gitu, klo gw liat diri gw sendiri dulu, gw cukup muak..

emangnya lo kayak apa?
mm..dulu itu gw selalu pengen keliatan cool, calm, n confident (itu dari iklan rokok.. gw lupa yg mana..).. yah, itu supaya gw selalu keliatan OK, mandiri, dan ga bercela.. gw pengen dihormati orang laen.. gw ga mo asal ngomong supaya gw ga salah omong dan dikira bodoh.. gw ga mau kelemahan gw ketauan orang laen, termasuk temen2 gw.. gw pengen keliatan sempurna di depan semua orang..

trus?
tapi mereka ga tau apa yg ada di dlm diri gw.. karena di pikiran gw, sebenernya gw pikir diri gw adalah salah satu yg terbaik.. makanya gw nuntut semua orang berkelakuan seperti gw.. karena cuman gw yg bener.. gw mau orang lain belajar ngomong dengan hati2 (atau tutup muluy sekalian) dan berhenti tingkah kekanak2an.. gw mau semua orang ngikutin standar gw..

dan emangnya kenapa?
karena itu, gw menghakimi orang laen sesuai dgn apa yg menurut gw bener.. gw benci orang2 yg ga ngikutin cara gw.. apalagi orang2 yg nyakiti gw dlm cara apapun.. gw nilai orang pake standar moral buatan gw sendiri..

misalnya?
biar gw tulis apa aja yg (dulu) bisa nurunin derajat orang di mata gw:
- dateng terlambat buat meeting ato ketemuan
- jadi pemimpin tapi ga pernah ikutan kerja "kotor" ama anak buah
- uda bilang untuk komitmen tapi ga ngasi komitmen sesuai dgn harapan gw
- lupa bilang maaf ama gw klo ada kesalahan
- ga ngikutin aturan2/norma2 masyarakat umum, misalnya aturan antrian, naek kereta, dan tata krama laennya..

emang sih, beberapa masi cukup nempel2 di benak gw.. tapi gw masi berusaha ngurangin kebiasaan gw menilai orang..

gimana lo bisa sadar tentang semua ini?
hmm.. kayaknya si semua ini adalah gabungan ato campuran dari macem2 hal:
- gw sadar betapa gw sendiri ga sempurna.. bahwa gw ndiri punya banyak kelemahan yg ga bisa diilangin gitu aja..
- gw sadar bahwa ga ada manusia biasa yg bisa bener2 sempurna.. tapi TUHAN tetep peduli kok..
- gw baca dari Alkitab dan sadar bahwa TUHAN bisa kerja dengan manusia yg jauh lebi parah keadaannya dibanding dgn standar gw...
- ada yg namanya kasih.. dan kasih itu bisa nyatuin perbedaan2.. and mungkin ya gitulah cara kita bikin temen..

abis gw sadar semua ini, gw sekarang lebi mengasihi orang laen dibanding dulu.. mungkin belon sempurna, tapi gw masi berusaha.. gw uda ga menghakimi orang secepet dulu.. gw uda ga maksain standar2 moral gw ndiri ke orang laen sebelum gw tau keadaan orang itu.. dan gw juga uda mulai belajar dikit2 ttg cara ngasi kritik yg membangun ke orang2 yg "ga sesuai" dgn pendapat gw, daripada ngomongin di belakang.. dan yg terakhir, gw juga lebi sensitif ttg gosip, karena gw sekarang percaya bahwa gw cuman mo ngomongin orang klo omongan itu positif atau bertujuan konstruktif dan bukan cuman buat pelampiasan..

gw bersyukur gw bisa sadar semua ini dlm beberapa taon ini..

ampe sekarang, perenungan gw baru ampe sana.. moga2 aja gw bisa belajar lebi banyak lagi ttg diri gw sendiri selama gw hidup.. yg pasti, moga2 gw bisa terus ngubah diri gw hari demi hari supaya semakin jadi diri gw yg seharusnya..

Everyone is different. Love them all, but treat them uniquely.

2 comments:

Stephen said...

as always, good thoughts n reflections, Dan..=)

i feel the same with you on this one, too...sering juga mengalami kaya gini..

thanks for sharing! have a happy time in Indo!

aDhiie said...

tot..

bagus bgt yak
yg paragraph "emangnya loe kayak apa?" tu gw bgt jg ya..hahaha
tp sayang nya gw kagak bs melawan ke GJ an gw..jadi kagak cool" deh..hehe

eg diupdate lg dong tot blog nya
ngeblog tentang BI yah