Tuesday, November 20, 2007

lesson #6: Check your MOTIVES

dulu gw tipe orang sibuk (baca: banyak kegiatan, banyak tugas, banyak kenalan) banget.. (mungkin sekarang masi..ga tau d..) tp yg pasti, gw sekarang ga sesibuk itu.. nah, abis gw selese JC dan masuk uni, gw lebi punya waktu: waktu utk saat teduh, main, istirahat, dan yg pasti, merenung (bukan melamun ya..)

gw jadi mulai berpikir, "Gw sibuk buat siapa? Ngapain gw cape2 sibuk klo gw bisa aja ga ngerjain apa2? Apa motif gw buat melakukan setiap hal yg gw kerjain?"

karena renungan ini, gw coba utk lebi sensitif ama diri gw sendiri.. lebi sering berkomunikasi dgn diri sendiri sebelum melakukan tindakan.. sebelum berkomitmen, gw jadi selalu bertanya dulu, "Apa tujuan gw masuk ke dalam komitmen ini? Apa kira2 Tuhan berkenan? Apa tujuan gw buat menyenangkan orang lain? Ato ini satu lagi langkah yg bisa bikin gw ngerasa lebi keren (baca: terkenal, terlihat baik, terlihat gaul, dikejar-kejar cewe)?"

di dalam hidup manusia, motif adalah sesuatu yg tidak bisa dibaca secara akurat oleh orang lain selain diri kita sendiri.. dan sepertinya, kita pun ga selalu bisa tau motif kita melakukan sesuatu hal.. sebagai orang Kristen, kita punya tujuan hidup umum yg sama (yaitu utk memuliakan Tuhan), berarti motif kita pun seharusnya sejalan dgn itu kan..

mungkin ada baiknya kita selalu mencari motif di balik tindakan kita.. dan memastikan bahwa itu sesuai dgn Roh di dalam diri kita.. mungkin ngga sampe kita jadi ga mau melakukan apa2.. tapi biarlah setiap tindakan kita (dan kata2 kita) membawa suatu makna yg kekal..

pelajaran yg gw ambil adalah
Check your motives and make sure they're right. Make every second count -eternally.

No comments: