Monday, January 14, 2008

lesson #9: Sleep is a SPIRITUAL thing too

"Apa? Tidur itu spiritual? Bagian mananya?"

Gw juga baru sadar tentang ini setelah gw baca buku Down To Earth Spirituality yg secara indah menjelaskan betapa TUHAN kita hadir dlm hal2 hidup yg paling membosankan sekalipun..

OK, ok, jadi bagian mana dari tidur yg rohani?

Gini, gw selama ini ga sadar bahwa tidur itu suatu tindakan yg perlu iman (yg bener??)...gimana? karena waktu tidur, kita sebenernya yakin bahwa kita dlm suatu tempat yg aman.. dan berharap kita masi bisa bangun setelah lama berjalan-jalan dlm dunia mimpi kita... klo kita lagi dlm bahaya (mau dibunuh orang, lagi dicari polisi, atau ada berita ttg kerusuhan yg sedang menyebar dekat rumah), apakah kita bisa nutup mata & tidur nyenyak? setau gw, walau badan gw uda tepar pun, gw bisa2 ga tidur gara2 kepikiran sesuatu...

maka itu, sekarang gw bersyukur tiap kali bisa tidur (dan bangun)... karena tiap hari yg baru itu adalah suatu bukti perlindungan TUHAN...bahwa gw masi bisa membuka mata ngeliat sinar matahari (ato warna, sekalipun), masi bisa bernafas dgn lega, masi bisa berdiri dgn 2 kaki utuh.. setelah melewati malam yg di tempat lain mungkin penuh ketakutan & bahaya..

jadi bagi gw (dan bisa juga bagi kita semua), tidur adalah suatu tindakan rohani yg berkata kepada TUHAN, "TUHAN, gw serahkan hidup gw kepada Engkau. Klo gw bangun, puji TUHAN untuk hidup sehari lagi. Dan klo gw ga bangun lagi, trima kasih gw bisa bersama Engkau"

jadi, klo kita tidur, mari kita inget:
Sleeping can be a spiritual act of faith in GOD. Waking up is a blessing.

No comments: