Monday, January 14, 2008

lesson #10: BGR?? It's a matter of trust.

haha... berani2nya lo nulis ttg BGR! emang lo uda pernah??

ini hal yg banyak mahasiswa (Kristen ato tidak) sering tanyakan dan gumulkan (sendiri ataupun sama2)... jujur aja, gw termasuk di dalamnya..dan sayangnya, dasar anak masi ingusan, terlalu GeEr untuk nanya2 orang2 yg lebih berpengalaman...

klo gw perhatiin, masalah2 BGR sekarang uda makin merambat ke usia yg makin muda.. zaman kan makin modern, katanya.. apa iya? apakah prinsip pacaran uda berubah?... yg pasti, gw bingung (dan sejujurnya, terkena pressure) ngeliat temen2 & orang2 sudah memasuki pacaran dlm tahap hidup yg masi awal (mahasiswa & lebih muda)... kedamaian gw sebagai single pun terusik... sebegitu kuatnya pressure lingkungan sampe gw ampe pernah ga bisa tidur gara2 ini..

klo lo begitu sok tau, menurut lo, gimana donk?

krn gw sadar gw masi amatir dlm hal ini, gw mulai bertanya-tanya.. ke orangtua, ke temen2, ke senior2, ke buku2, & ke TUHAN... gw mencari jawaban TUHAN ttg BGR..sayangnya, seringkali gw mempertanyakan TUHAN lagi dan mencoba mencari jawaban yg lebi enak didenger...

Pada akhirnya, untuk saat ini, gw mempunyai pendirian ini:

- Pacaran HANYALAH untuk tujuan pernikahan, dan pernikahan adalah komitmen kpd TUHAN & pasangan hidup, yg kudus dan ga bole diceraikan siapa pun. Maka dari itu, BGR adalah hal serius yg ga bole dianggep maen2 dgn alasan pengen punya temen deket, takut kehabisan pilihan, pengen coba aja, ato karena cocok sebagai temen.

- Panggilan umum orang Kristen adalah untuk menikah dan beranak cucu di bumi ini.

- (ini salah satu yg paling sulit diterima).. TUHANlah yg telah merencanakan pernikahan gw (klo gw emang ga dipanggil untuk hidup sendiri). Maka itu, gw ga harus takut kehabisan pilihan ato ketinggalan temen2, karena TUHAN ga bodoh. Dia TAHU waktu yg paling baik, dan DIA yg akan mengatur pertemuan kudus gw pada saatnya yg tepat. Gw hanya perlu mengejar TUHAN dengan sepenuh hati, krn TUHANlah pasangan hidup gw yg utama...

- (ini nasihat dari orangtua).. pendekatan serius sebaiknya dilakukan sekitar 2 taon sebelum rencana ingin menikah.. apapun yg terlalu awal mungkin bisa nutup kita dari pergaulan normal dgn temen2 kita yg laen (yg sebenernya mungkin seharusnya jadi pasangan hidup kita)...

- Pasangan hidup adalah salah satu hal dlm keKristenan yg bener2 harus bergantung ama TUHAN aja, dan bukan pada pendapat ato pengetahuan gw aja, apalagi feeling.. Ini adalah salah satu tindakan iman... iman yg YAKIN dan PERCAYA bahwa TUHAN sendirilah yg mengatur... trus gw ngapain? masa diem aja?? nah, gw harus membangun persahabatan yg sehat dgn banyak temen2 Kristen, & yg penting, hubungan gw ama TUHAN sendiri, kekasih gw... dan menunggu arah..

wah, panjangnyaa...emang lo yakin lo bener?
gw ga tau..tapi itu hasil refleksi gw.. klo mau, kita liat 20 taon ke depan...dan lo bole menguji gw..

BGR?:
BGR (and marriage) is a matter of trust - in GOD. Love was His idea.

No comments: