Thursday, March 27, 2008

lesson #20: You are what you TRAIN yourself to be

ada perkataan "Practice makes perfect"... apa ini bener?
hmm, menurut gw, dalam banyak hal, ini bener...

gw maen ProEvolution Soccer 6 (game komputer sepak bola) tiap malem sebelum tidur (gw kan juga manusia.. anak kuliah, pula)...bukan ketagihan, tapi sebagai kegiatan melepas stres...makanya gw pake kesulitan bintang 2 (dari 5) aja, biar gampang dan banyak gol...dan ngga seperti kebanyakan orang, gw lebi suka maen Master League..

apa tu?
Master League itu format permainan dimana gw cuman maenin satu tim aja selama-lamanya (pokoknya ampe gw males maen lagi..)..dan selama pertandingan2nya, setiap individualnya bakal berkembang dan makin jago, tergantung gimana gw maenin mereka..

kenapa pilih maenin satu tim doank? kan bosennn..itu2 lagii, itu2 lagii...
gimana ya? mungkin soalnya gw seneng ngeliat perkembangan dari sebuah individu..jadi gw pengen tiap2 pemain gw jadi lebi baek setelah setiap permainan..

trus apa hubungannya ama training?
nah, itu dia.. setelah gw maenin selama 2 taon ini (sebenernya gw uda pernah maenin 3 tim laen... sekarang gw lagi pake Valencia..).. banyak pemain2 gw yg uda jago banget..gara2 mereka gw kasi kesempatan maen dan gw buat mereka kerja keras..

lo kayak ngomongin orang ajaa..
haha..yah, itu dia.. menariknya, pemain2 yg sering gw bikin lari2 terus, jadi makin jago & cepet larinya.. pemain2 yg sering gw bikin nge-shoot (alias nembak bola ke gawang), jadi makin jago bikin gol.. yg sering gw bikin gocek2, makin jago meliuk-liuk juga.. dan karena pemain2 depan (penyerang) gw uda jago2, gw jarang diserang bener2...akhirnya, kemampuan bertahan pemain2 belakang gw pun ga berkembang banyak (malah kadang tambah dongo..)..

ooo...jadi gituu..
iyaa..jadi klo dipikir-pikir, gw teringat lagi akan kita sebagai manusia.. semakin banyak kita melakukan sesuatu, seringkali kita memang semakin jago...semakin banyak kita niat latian buat sesuatu, disitulah kita bakal berkembang..dan klo kita emang ga pernah latian, hampir ga mungkin kita bisa lihai dlm bidang itu.. klo kita banyak belajar, ya pasti kita jadi lebi pinter..klo kita maen game terus, ya makin jagonya maen game...

jadi, mungkin gw perlu refleksi lagi bidang2 mana yg selama ini gw berikan banyak waktu & tenaga...dan apa itu yg gw mo liat jadi kemampuan gw dlm 10 taon mendatang...karena seringkali, di hidup ga ada pilihan LOAD LAST SAVED GAME tatkala salah melangkah...

You are what you train yourself to be. Spend your life wisely.

2 comments:

-ian- said...

hi Niel,
iya nih, kudu banyak latihan sebelon exam...

Anonymous said...

Hey Dan, please keep writing your blog. I love it. It really helps remind me that I shouldn't take a lot of things for granted :)

God bless you there.