Saturday, April 26, 2008

lesson #26: Use your MOUTH...and GREET someone

"Hi.."
"Good morning.."
"Zao.."
sebenernya ini kata2 yg ga makan waktu... tapi ternyata, seringkali ga gampang buat diomongin..kenapa ya?

ini pengalaman gw, jadi klo ga relevan, silakan skip ke pertanyaan, eh, entry berikutnya...

sejak kecil, gw diajarin keluarga gw supaya sopan ama orang lain.. dan gw belajar dari keluarga gw untuk ramah terhadap orang lain yg ga dikenal.. bahasa inggrisnya hospitable (cari aje di kamus klo ga jelas artinya ya).. gw belajar dari orang2 Amerika di gereja gw dulu untuk lebi spontan dalam berhubungan dgn orang lain..

jadi apa yg gw terapkan dlm hidup gw selama ini?
- sapa semua "auntie" dan "uncle" yg kerja di block hall gw..
- coba sapa satpam2 (aka security guard) di hall gw..
- sapa dan ajak omong "auntie" ato "uncle" di kantin hall..
- coba sapa semua sopir shuttle bus, bahkan 199..

hasilnya?...
sekarang gw bisa nyapa banyak dari orang2 di atas tiap kali gw ketemu mereka, dan bahkan ngobrol.. dan yg paling indah: mereka juga membalas sapa dengan senyum yg tulus... dengan ini gw maksud sebuah senyum yg ga pernah keluar dengan murah karena mayoritas dari keadaan hidup yg kurang dari bahagia.. klo lo pernah melihat wajah orang yg berterima kasih karena merasa dipedulikan, lo akan ngerti..

selaen itu, seringkali mereka pun ternyata melakukan hal2 yg baik & ga disangka-sangka... gw bisa ditungguin shuttle bus.. shuttle bus pernah berhenti ga di bus stop buat gw... ice cream one-scoop di waffle gw makin gede.. dan yg paling gw ga percaya juga, gw pernah berani minta sopir last bus 199 buat nungguin temen gw selama 2 menit (dan ditungguin..)..

ini bukan tujuan utama gw menyapa, tapi ini adalah ekspresi kebahagiaan mereka atas hal2 kecil yg gw coba lakukan...

Tapii, ada orang2 yg ga peduli ato ga sapa balik..dan ini bikin gw down.. tapi lama2, mungkin gw uda menerima bahwa itulah hidup...penolakan adalah bagian pahit dari hidup.. tapi, lewat itu gw bisa belajar jadi makin kuat & tahan..

klo lo uda baca ini, buatlah gw senang dgn melakukan satu hal ini d: sapa (dengan senyuman) semua sopir shuttle bus NTU sebelum lo masuk ke shuttle bus..(makanya masuk lewat depan)... dan teruslah lakukan itu... lo bakal ngerti apa yg gw maksud..

Use your mouth and greet people. Let them know they exist.

No comments: