Saturday, May 3, 2008

lesson #27: Be careful of what MOTIVATES you..

hidup penuh dgn kegiatan2.. tapi di balik semua itu, ada tujuan... ada motivasi...ada keinginan... ada agenda...

hmm..mungkin gw juga ada yaa..
sayangnya kadang2 gw ga sadar dgn motivasi gw sendiri... padahal - menurut pengalaman gw - terkadang motivasi di balik suatu keinginan itu kuat bgt ampe bisa buat seluruh pikiran lo mengarah kpd tujuan itu...

masi ngawang2 ni ngomongnyaa... ngelantur, euy..
gw ga ngelantur..karena ini pengalaman gw ndiri..
ni yaa..

selama gw bersekolah, gw diberikan Tuhan berkat kepemimpinan (menurut gw, tentunyaa..)...
buktinya?
mmm... waktu SD gw jadi ketua kelas mulu (ampe bosen)... trus jadi pemimpin upacara yg teriak2 dan ngasi laporan(ampe suara gw seret ampe sekarang..).. waktu SMP, gw terpilih buat jadi OSIS taon pertama (tapi gw mundur gara2 benci diplonco..).. dan taon kedua dipilih lagi (dan menariknya, dipilih jadi Bendahara..).. lebih lagi, gw trus dipilih buat jadi Ketua Natal (yg jujur aja, gw cukup deg2an)...
panjang amaat..udah ah..cepetan..
belon...tunggu dulu..
nah, trus gw ke singapur (pake beasiswa la)... dan di secondary3 (taon pertama gw di singapur) gw satu2nya scholar indo yg dipilih jadi Peer Support Facilitator (pemimpin2 informal di sekolah) dan dapet macem2 training (padahal gw ga melewati proses pelatihan pre-requisitenya).. ga disangka-sangka lagi, pas secondary4, gw scholar indo pertama yg diangkat jadi Prefect (OSIS) di St Joseph Institution.. dan ampir diusulkan jadi Exco... itu ga berhenti di situ.. waktu masuk ACJC, gw dipilih lagi (lewat voting seluruh sekolah) buat jadi Students' Council (OSIS)... dan gw diminta berkali-kali buat jadi Exco.. namun karna bokap ngingetin ttg beasiswa gw (untungnya..), gw tolak terus.. gw sangka bakal berhenti di situ.. tapi ternyataa..
di NTU pun, pada taon freshie gw, gw diminta jadi manajer grup akapela hall10 (diturunkan oleh seorang manajer yg uda final year) dan akhirnya gw terima... selaen itu, gw juga pernah diminta ambil suatu posisi kepemimpinan yg akhirnya harus gw tolak karena ga ada waktu lagi.. mungkin dalam waktu dekat ini, gw bakal diminta memikirkan sebuah posisi kepemimpinan lagi..

lo bakal nanya, apa maksud gw?
iyaaa..
walau orang tau alasan2 penolakan gw kebanyakan adalah karena komitmen & waktu yg uda ga bisa disisihkan lagi, ada hal2 yg menjadi duri di dalem semua keputusan2 gw:
-
keinginan utk punya status kepemimpinan (mgkn juga keinginan utk punya kekuasaan..)
- keinginan utk punya kelompok eksklusif (rapat/makan/ngobrol/outing bareng..)
- keinginan buat kenal orang2 secara dalam lewat bekerja dgn mereka..

inilah motivasi2 terpendam gw yg orang laen mungkin ga pernah tau.. makanya seringkali gw menolak kepemimpinan..

2 keinginan gw yg pertama pun uda cukup buat bikin gw stres tiap kali diundang jadi pemimpin.. percaya d, gw pengeeeen bgt jadi seorang Exco ato pemimpin berstatus.. tapi demi menjaga diri gw dari dosa dan ke-eksklusifan diri gw, gw sering harus, dgn sangat berat hati, menolak posisi2 itu.. ini bukan hal yg mudah, soalnya gw sering jadi sirik ama pemimpin2.. karena gw pengen tp ga bisa... terkadang kekejaman ini bener2 kuat ampe gw harus menarik diri jau2 dari para pemimpin2 supaya gw ga mengeluarkan kritik2 & kesirikan gw yg sepenuhnya..

inilah kebobrokan gw.. inilah salah satu motivasi gw yg terus menemani bakat kepemimpinan gw...

mungkin gw harus belajar jadi pemimpin informal yg bekerja "di bawah tanah" tanpa menerima status.. dan belajar mengharapkan sebuah senyum & penghargaaan hanya dari Tuhan.. dan bukan penghargaan dari manusia... ini ga gampang.. tapi pasti itu mungkin..

apa motivasimu? apa yg sebenernya ada di benakmu klo lagi melakukan segala sesuatu?

Be careful of what motivates you. GOD knows.

7 comments:

Ind said...

Thanks banget ya nil buat blognya.. hehe. Sangat mengingatkan, dan jujur aja membuat gw berpikir ulang.. ^^

Anonymous said...

Use your leadership skills in church. In church, it is much easier to be reminded of your ultimate true motivation. In this way, you won't serve your sinful nature :)

But I know exactly how you feel. I, however, strongly encourage you to take up leadership positions whenever you can because it seems that God has given you that talent/inclination for Him to use in you. Remember that the talents the master gave to the three servants were meant to be multiplied and not buried. :) God bless you there.

-ian- said...

setuju ama pendapat di atas.

gw ngerti sih 3 hal yang membuat elu ga mau jadi exco, karena sedikit banyak gw mengalaminya.

tapi bagaimana dengan hal2 lain, kecintaan terhadap ISCF yang make you ask on what I can contribute to this ministry because I am sure that ISCF needs you, esp di penatalayanan atau persekutuan.

Tapi semuanya terserah lu sih Niel. Menjadi PKTB mungkin itu panggilan kamu. Tapi tetep tanya lagi loh, apakah itu bener2 panggilan elu dan apakah ini cara untuk berlari dari panggilan.

Finally, semuanya terserah kmu keputusannya tetapi jangan lupa berserah juga.

Ok, catch u later.


Dalam suasana peperangan,
Septian :))

-ian- said...

ah, tapi kayaknya komen gw cuman ekspresi sesaat aja kli ya. Well, ya mungkin yang tau visi pelayanan mu sendiri ya kmu sendiri ya Niel. Menjadi pktb juga berarti bercontribute sangat besar di ISCF.

so, sorry komen di atas.

selamat melayani.


-ian-

c-mun-joon-tuck said...

haha..makasi, sep... iya, bakal gw consider.. stand gw sekarang, PKTB nomor satu (gw uda persiapkan itu selama setaon dgn hasrat yg membara..).. tapi dalam kondisi gw ga dapet AKTB, gw bersedia jadi exco.. namun itu uda telat... klo itu terjadi, gw berencana masuk ke sie misi..

kenapa ga bisa dua2nya? karena gw uda menjadi worship leader di gereja..menurut gw, memimpin 200 orang jemaat di depan ruang kebaktian tiap bulan adalah suatu tanggung jawab yg ga gampang, karena kesaksian hidup gw bakal terpancar waktu gw di atas panggung.. klo mau, dateng ke gereja gw tgl 25 mei..lo bakal ngerti..

klo bersedia, pikirkan bagaimana klo ada di posisi gw ..ini gw ngomong tanpa marah ama sekali yaaa=)..apa yg bakal lo lakukan?.. gw pengen pendapat lo.. ok?=)

c-mun-joon-tuck said...

cb.. thanks for your comment too!!

yes, i have taken commitments in church.. but what i found actually is that serving in church can actually hide motivations very dangerously.. because to say "I'm doing this for GOD" is the politically correct answer..

maybe its a little different for different people... i dunno.. im still learnin..

thanks!!

-ian- said...

well, klo menurut gw sih lu harus pilih salah satu, exco atau PKTB karena menurut gw itu terlalu berat klo dijalanin bareng. Jadi disarankan untuk memutuskan dalam beberapa minggu ini mengingat sehabis special sem 1 harus udah terbentuk.

yang tau lu mau apa,dimana dan ngapain, menurut gw sih itu tergantung lu terpanggil dimana dan apakah udah bener2 convicted. Klo sudah benar2 terbeban jadi PKTB ya menurut gw jangan goyah lagi...

tentang mau jadi exco klo ga punya aktb itu mah aneh bgt mengingat waktu dan exco bukan sebagai cadangan gitu. Siapa tau setelah lu ga dapet aktb, lu malah punya banyak waktu "keluar" seperti TT iscf, hehe...

dalam kacamata seorang septian budi waluyan, ISCF masih akan tetap membutuhkan seorang daniel simandjuntak. Dalam kacamata gw sih lebih cocok ke bagian penatalayanan karena secara musikalitas elu tinggi. Untuk misi, mungkin gw belum pernah kerja ama elu, jadi gw ga tau. Sekali lagi, ini dari kacamata gw.

duh, gw juga masih bingung masalah ini. Barusan ngobrol ama adi panjang lebar ampe membentuk persegi panjang tentang apakah gw masih akan pelayanan lagi di ISCF atau enggak. Makanya gw emang lagi perang, khususnya di dalam otak gw. Masih menimbang2 panggilan, motivasi,apa yg gw akan kerjakan,waktu, studi dll. Klo mau ikut, gw mau ngobrol ama kak pet hari selasa jam 6 di broadway. Klo mau ikut ya silakan.

oh ya, tanggal 25 mei ada apa ya?

catch u tomorrow
sept