Sunday, September 14, 2008

lesson #36: Learning to lose...

buat yg ga tau, gw sebenernya suka maen game... mungkin kadang ketagihan...biasanya either first-person shooter adventure atau sepak bola... dan tiap kali ditanya, "Maen DOTA ga?", jawaban gw selalu "Nggak"... bukan cuman DOTA doank.. gw pun ga suka maen CounterStrike atau game2 online...

kenapa?
gw benci kalah.. apalagi ama orang laen...

gw juga baru sadar ternyata gw se-kiasu itu... bahkan ampe setaon lalu, gw sering maen game sepakbola pake 2 bintang dari 5 (aka tingkat kesulitan Amateur alias amatir)... supaya uda pasti menang.. dan gw emang menang terus.. target gw tiap pertandingan minimal 10-0... jadi gw bisa kumpulin gol2 yg gayanya bagus.. dan tidur nyenyak...

gw pernah nyoba kesulitan "Regular" (3 bintang)... dan gw either mati2an seri ato kalah (inilah arti Regular) .. dan saking keselnya, kadang gw quit sebelon gamenya kelar... (dan klo kebobolan gara2 gameplaynya ga sesuai yg gw pengen, gw bisa nge-gebug bantal, meja, ato keyboard - dan mencederai tangan kanan gw...) gile, pengecut banget yah,..

baru taon ini gw berani memaksa diri gw buat maen Master League (alias pake tim dasar dan beli pemain tiap musim berakhir.. jadi timnya dibina terus..) pake tingkat kesulitan Regular terus... dan walau pertama kali masi kadang pake cara save-when-winning-and-load-if-losing, akhirnya gw mulai bisa menang tanpa cara "curang"...

tapi, ternyata kadang maen dgn gini aja, gw bisa deg2an ndiri..apalagi klo lagi ketinggalan gol.. dan sebenernya, gw sama keselnya klo skor masi seri.. dan untungnya, kadang gw masi bisa nge-gol-in di menit2 akhir...

tapi gw masi bisa kalah.... dan beberapa bulan lalu, klo gw kalah, gw bergumul dgn apakah gw bakal nge-restart game ato ngga... dan dgn berat hati dan dgn kesel2nya, gw pun akhirnya nge-save kekalahan itu..

mungkin gw lagi belajar nerima kekalahan... menerima kenyataan bahwa hidup tuh ga menang terus.. bahkan tim sepakbola pun ga ada yg bisa menang terus... dan gw pun seharusnya tau bahwa kekalahan dlm game adalah sesuatu yg normal dan harus dihadapi dgn kepala dingin... klo game komputer gw aja bisa bikin panasan, apalagi kerja ama orang??...

yah, gw beruntung bisa dapet pelajaran dari maen game... moga2 gw makin bisa nerima kekalahan2 gw dgn kepala dingin dan hati yg damai.. lagipula, hidup ini kan kesulitannya "Regular"...

Learn to lose. And maybe then you'll know how to handle a win.

3 comments:

Anonymous said...

Thank's untuk sharingnya.
Bener2 kagum sama kejujuran lo.

Martin said...

kita samaaaa... Ha3.
G demen igo/weiqi, tapi males maen... Kalo maen, pasti serius banget, sampe bisa keringetan... Ha3. Mgkn g terlalu sombong :).

Anonymous said...

it's quite amazing gmn lu bs dpt sesuatu pelajaran berharga dr hal yg keliatan sangat kecil, n biasa banget.. n gmn km share abt ur weakness spy jd pelajaran buat org laen... gw kagum.