Thursday, September 18, 2008

lesson #37: Take a step back...

hidup di ntu ini cepet banget...ato mungkin lebi tepatnya, hidup ini cepet banget..

kemaren, untuk pertama kali sem ini, gw duduk di kantin A (yg bawah, deket subway).. dan merenung sendiri.. gw sebenernya seneng merenung.. (bukan bengong).. tapi gw baru sadar bahwa setengah sem ini berlalu tanpa gw pernah bener2 ngerenungin hidup gw.. masalah hall, ekskul, komitmen di gereja, project2 skul, dll berentetan ngambil waktu.. belon lagi game gw yg nunggu di kamar..

1 jam gw ngerenung di kantin.. mata gw nyisir tempat2 duduk.. orang2 yg lalu lalang.. sobat2 yg lagi makan bareng.. grup2 yg lagi meeting project.. dan gw pelan2 makan ice cream cone McDonald's.. dan tanpa sadar, tenyata mata cowo emang 80% tertarik ngeliat ke arah lawan jenisnya.. (itu salah satu hal yg gw pelajari hari itu)..

apa lagi yg gw dapet?
mm.. waktu ngeliat orang2 di kantin, gw diingetin ama Tuhan buat ngeliat setiap orang sebagai seorang pribadi yg diciptakan dengan kasih oleh tangan Tuhan sendiri.. sebagai pribadi2 yg disayangi banget ama Tuhan, walaupun gw sendiri sering punya sentimen negatif terhadap orang asing ato suku2 bangsa laen..

selama ini, tanpa sadar, gw sering nganggap orang2 sebagai benda2 yg gerak2 di sekitar gw.. yg kadang bisa ngebantu, tapi juga bisa ganggu.. mereka cuman orang "lain" yg sama2 tinggal di rumah (bumi) yg sama...

buktinya? mata gw sering secara otomatis mengarah kepada cewe2 yg menurut gw cantik.. lalu, siapa yg peduli ama orang2 lain yg ga "cantik"? apa gw cuman peduli ama orang yg luarnya cakep doank?.. klo ada cewe cakep yg kena kecelakaan, apa gw bakal bantu?.. klo cewenya ga cakep?.. apa sikap gw sama terhadap mereka?... klo beda, apa ada dasar yg kuat?.. kenapa?.. apa mereka punya nilai diri yg berbeda?.. dan gw diingetin klo semua orang layak dilihat sebagai ciptaan Tuhan yg indah.. (dan bahwa standar keindahan gw bisa kadang2 ngacrut..)

jadi mungkin, merenung emang ngebantu gw ngeliat hal2 yg biasanya ga gw peduliin dan bikin gw sadar akan diri gw sendiri, yg bagus ataupun jelek..

kata bokap gw, klo seseorang bisa nyediain waktu tiap malem buat ngerenungin apa aja yg dikerjain seharian itu, apa yg salah & apa yg bener, dan mencari pelajaran yg dia dapet, hidupnya bakal jauh lebih berarti...

gw percaya dia.. dan walaupun gw ga sempet ngerenung tiap malem, gw mencoba bikin waktu buat ngerenung di sela2 kelas2 gw di sekolah.. dan berharap moga2 gw makin dewasa dan bijaksana..

Take a step back. You'll realize you might actually be moving forward.

1 comment:

Unknown said...

"selama ini, tanpa sadar, gw sering nganggap orang2 sebagai benda2 yg gerak2 di sekitar gw.. yg kadang bisa ngebantu, tapi juga bisa ganggu.. mereka cuman orang "lain" yg sama2 tinggal di rumah (bumi) yg sama..."

gw juga pernah gitu dan!
n gw juga akhir2 ini sering ngerenung..
mikirin apa aja yang udah gw perbuat.. apa itu baek, atau malah ngerugiin orang lain..

dan kadang itu malah bikin kita sedikit feel relieved.. at least kita jadi tau kira2 kita itu gimana di mata orang laen..
hehehe