Friday, October 24, 2008

lesson #39: You can't go halfway...

beberapa waktu lalu, gw pengen donor darah... apalagi gw uda terima SMS yg katanya butuh pendonor yg darahnya A negatif (trima kasih RedCross, uda ngasi tau gw tipe darah gw...) Tapi gara2 sibuk kelas (dan biasanya ngantri donor darah perlu waktu minimal sejam..), gw ga sempet donor pas ada RedCross di NTU .. tapi karena denger2 tipe darah itu emang langka (katanya...), gw jadi pengen tetep donor hari sabtunya.. berarti gw harus ke Outram Park.. buat nyumbang darah...

waktu itu, gw sempet kepikiran "Gile, mo donor darah aja susah. Masi untung gw mo nyumbang. Apalagi klo darah gw langka." sombongnyaa..(tapi tentu aja gw ga mikir gitu waktu itu..) dan setelah bergumul sedikit (karna mikir Outram Park itu jauh, apalagi klo ntarnya gw pulang dgn volume darah yg berkurang 450mL), gw akhirnya ngambil keputusan buat tetep donor darah, kalaupun itu jauh dan ngerepotin..

jadi gw ke nelpon ke BloodBank (nama tempatnya di Outram Park)... dan nanya2 gimana gw bisa nyumbang darah ke sana hari Sabtunya.. dan mo tau jem bukanya.. dan gw dikasi tau bahwa lebi gampang klo gw bikin appointment dulu, biar ntar ngantrinya cepet.. nah, ternyata gw dikasi nomor telpon lagi buat bikin appointment...gw hafalin deh tu nomor...

yg pertama kepikiran "Gile, repot amat si nih. Masa gw harus nelpon lagi ke nomor laen buat appointment? Mo darah gw ga sih?"... tapi gw bilang trima kasih dan gw tutup telpon.. setelah mikir "Udah lah, bodo amat. Telpon aja deh", gw akhirnya nelpon d.. untungnya, dlm kurang dari 2 menit, gw uda bisa bikin appointment buat donor darah Sabtu siang...

pendek cerita, waktu gw bangun hari Sabtu pagi dan cari2 alamat BloodBank, gw ngeliat syarat2 donor darah.. dan karna gw sadar bahwa gw baru sakit beberapa hari lalu, gw akhirnya harus cancel appointmentnya dan ga jadi donor darah..

tapi gw belajar sesuatu...
waktu gw ngomel karna ngerasa donor darah itu terlalu ngerepotin, gw sadar bahwa mungkin perbuatan baik itu emang ga bisa setengah2.. waktu ngelakuin sesuatu perbuatan baik, mungkin kita ga bisa naruh syarat... mungkin bisa aja si, tapi se-nggaknya kita ga bole mempertanyakan apakah itu ngerepotin ato ngga..

yah, gw ga tau ya,.. tapi gw sempet ngerasa bahwa klo gw ampe ngitung2 waktu mau ngedonor darah buat orang yg sebenernya mungkin lagi koma ato lagi perlu darah (dan mungkin perlu kesempatan hidup), gw bener2 keterlaluan.. klo ga ampe mikir bahwa naek MRT ke Outram Park itu terlalu ngerepotin buat ngasi darah 450mL yg sebenernya bisa gw replenish lagi, itu berarti gw ga tulus mo berbuat baik...

dan walaupun akhirnya gw ga nyumbang, gw diberi satu pelajaran... bahwa klo mo berbuat baik, kita mungkin ga bole setengah2... karna disitulah kita belajar untuk bener2 tulus dlm melakukan sesuatu untuk orang laen.. walaupun klo itu berarti kita harus ngorbanin diri kita sendiri sedikit lagi...

You can't go halfway when doing good. Show yourself it's sincere by going all the way.

1 comment:

Anonymous said...

thank you uda ngingetin 1 hal lagi.. continue to be a blessing to others, Dan..hoho.