Sunday, May 4, 2008

lesson #30: Say THANK YOU

"Thank you"
"Xie xie"
"Trima kasih"

sekali lagi, kata2 yg diajarin oleh orang tua gw dari gw kecil... kata2 yg ga memakan lebi dari 2 detik...(gw ga ngitung bener2 sii.. tapi kyknya gitu d...)
tapi menurut gw, efeknya bisa lebi dalem daripada banyak obrolan mulut yg berjam-jam...

kenapa gw bilang itu?
karena gw telah merasakan efeknya... dan gw uda coba meneruskan efek2nya ke orang2 lain...

apa yg buat kita dan orang2 jarang ngucapin frase2 sederhana ini?
males?
sombong?
berpikir "kan itu uda tugasnya dia"?
ga sempet? ga berani ngomong ama orang asing?
takut dicuekin?
ga penting?
berpikir "mereka juga ga perlu denger kata2 itu kok"?


mungkin emang ga semudah itu x ya..
menurut gw, ngucapin terima kasih adalah suatu tindakan merendah hati dimana gw menyadari bahwa gw memerlukan seseorang untuk melakukan sesuatu untuk gw, dan gw mengkomunikasikan penghargaan itu secara verbal supaya orang itu tau... dan mungkin berharap dia masih bisa bantuin gw terus, karena kita masi memerlukan dia...
panjang ya? tapi klo lo sempet baca lagi, gw bener2 memaksudkan semua kata2 di atas...

jadi itu emang ga gampang...
tapi, apakah kita secongkak (uda lama ga pake kata ini) dan setinggi itu ampe kita ga pernah memerlukan shuttle bus, makanan di kantin, kertas fotokopi, bus 199/179, dan macem2 laennya? apakah kita berpikir bahwa semua hal yg terjadi di hidup kita adalah "uda seharusnya gitu"?

tiap kali kita diserahkan sepiring makanan, turun dari shuttle bus (makanya turunnya klo bisa lewat depan lagi..), turun dari bus 199/179 (ya, turun dari depan klo di terminal kan gapapa..), mejanya dibersihkan auntie2 ato uncle2, alangkah indahnya klo kita bisa ucapkan kata2 itu dengan jelas dgn natap mata mereka dan senyum tulus...
dari pengalaman gw, hanya sedikit orang yg bakal cuekin kata2 itu... klo dia cuek, mungkin karena dia ga percaya kata2 dimaksudkan buat dia (saking ga pernah dengernya kata2 itu ditujukan untuk mereka..).. jadi mungkin tambahkan kata "auntie" ato "uncle" di belakang "Xie xie" ato "Thank you"...

wah, uda kepanjangan ni...maap..
tapi gw ada satu permintaan...(klo lo bersedia..)
bulan ini gw ulang tahun... tapi gw ga mau dirayain.. dan sejujurnya, gw ga mau kado material.. tapi gw ada satu permintaan dari lo yg baca entry ini (klo lo berniat ngasi gw sebuah kado)... dalam satu bulan ini, katakanlah "Thank you", "Xie xie", dan "Trima kasih" (plus senyum tulus) lebi sering kepada orang2 yg uda melakukan sesuatu buat lo (termasuk sopir shuttle bus, penjual di kantin, sopir bus SBS, auntie2 ato uncle2 yg bersih2 di kantin)...
klo udah, comment lah di entry ini... lebi indah lagi klo lo bisa ketemu dan sapa gw (klo lagi tiba2 ketemu aja..).. lo tinggal ngomong "Gw uda lakukan pelajaran 30.." ato terserah apa... dan biarin gw ngucapin trima kasih gw ama lo....
ini mungkin bakal jadi ulang taon gw yg paling memorable...

Say "Thank you" and sprinkle it with a smile. Let that person know he/she's needed.

4 comments:

Anonymous said...

makasih dan buat blognya *senyum*

huehue

c-mun-joon-tuck said...

haha..makasi buat encouragementnya juga yaa..

-ian- said...

terima kasih Daniel...

lol...

jadi inget PM sem lalu

c-mun-joon-tuck said...

haha..masi inget aja, sep...
makasi buat encouragementnya yaa..
moga2 lo bisa jadi berkat buat banyak orang..

itulah alasan kita masi dibiarkan hidup=)