Saturday, May 10, 2008

lesson #32: FORGIVE... and forgive again..

what do you do when one nail is not enough to stick a slab of wood to the wooden beam?
you hammer another nail through the slab.. and you keep doin it until it sticks..

now that's what God did to me when I didn't "get" his message..

selama exam semester ini, gw dicobai dgn cukup berat...dan menariknya, semuanya ga ada hubungannya dgn tingkat kesulitan subject2 gw.. semuanya adalah peperangan ngelawan diri gw sendiri... si Jahat tau kelemahan gw dan disitulah gw diserang abis2an selama exam ini.. ampe sekarang... salah satu peperangan itu adalah kecemburuan (uda gw bilang di post sebelumnya..)

tapi trima kasih ama Tuhan, karna exam ini, gw lebi tau ttg diri gw sendiri.. terutama kelemahan2 gw yg internal..yg ga akan pernah ketauan ama gw klo ga melewati cobaan2 yg spesifik.. dan dari hasil pengamatan gw(tepatnya, penggalian diri yg penuh pemikiran & banyak bengong), gw setidaknya punya kelemahan2 ini:
- gw ga perlu keliatan ngamuk utk menyakiti hati orang dgn kata2 gw..
- gw bisa nyimpen dendam & kemarahan utk waktu yg cukup lama - kadang tanpa gw sadar.. dan kadang bisa lepas kontrol lewat kata2 gw yg tajam...
- gw bisa dikuasai cemburu.. pikiran gw ga akan bisa konsen.. dan gw harus menjauh secara jasmani dari pemicunya..

di tengah semua itu, gw sempet bertanya-tanya kenapa gw harus ngelewatin cobaan2 itu.. dan sayangnya, gw masi terlalu bodoh atau kurang berhikmat untuk ngerti..

makanya Tuhan menancapkan satu paku lagi hari ini supaya pesennya bisa gw baca dgn jelas: maafkanlah sesamamu...
kenapa? karena Tuhan pun uda maafin gw... jutaan kali... mungkin lebih...

gw diingetin utk memaafkan temen2 gw dan orang lain (dan gw sendiri..) karena Tuhan - yg tau bahwa gw adalah manusia brengsek yg seringkali masi ga tau trima kasih - uda bersedia mengampuni gw... dan itu harus dia lakukan dgn ngasi nyawanya sendiri buat nanggung segala kebobrokan gw...

biarlah paku ini nancep di hati gw, supaya gw ga lupa betapa gw beruntung gw masi dibiarkan hidup hari ini..

Forgive... and forgive again. Cuz you have been forgiven.

No comments: